Penerapan Metode Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Diagram Batang Matematika

Permatasari, Dunurrochmah Pradita (2017) Penerapan Metode Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Diagram Batang Matematika. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
Dunurrochmah Pradita 166.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses berpikir kritis siswa sekolah dasar kelas IV dalam proses memcahkan masalah pada mata pelajaran matematika materi diagram batang. Subjek penelitian adalah 4 siswa kelas IV SDN Sawocangkring. Teknik pengumpulan data yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian meliputi simulasi, lembar tes berpikir kritis. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan yaitu merubah cara penyampaian materi pelajaran, 4 siswa menemukan permasalahan secara individu, siswa berpikir kritis untuk memecahkan masalah tersebut, siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dari 4 siswa kelas IV SDN Sawocangkring meningkat setelah diterapkannya metode berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Siswa seringkali membaca pertanyaan berulang-ulang kali agar dapat mengerjakan soal, apa yang dipertanyakan, dan menganalisis permasalahan. Peningkatan ini terbukti pada proses pembelajaran pada materi diagram yang telah di jelaskan sebanyak dua kali. Siswa yang kegiatannya untuk berpikir kritis meningkat antara lain: siswa leluasa mencari informasi yang ingin diketahuinya dan mengumpulkan informasi, siswa berperan aktif dalam pembelajaran, siswa memiliki banyak kesempatan untuk belajar bersama teman-temannya dan berbagi ilmu.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 22 Aug 2017 05:45
Last Modified: 22 Aug 2017 05:45
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/553

Actions (login required)

View Item View Item