Jannah, Minuril and Anwar, Najih (2018) Kecerdasan Emosional terhadap Minat Belajar Bahasa Arab di Ma'had Umar bin Al-Khattab Putri Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Sripsi Lengkap - 162071900015-..pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
Abstract
Kecerdasan Emosional dipandang sebagai salah satu faktor yang memiliki pengaruh penting terhadap minat belajar siswa. Apabila tingkat kecerdasan emosional siswa tinggi, maka dapat menimbulkan rasa empati, rasa saling menghargai satu sama lainnya, rasa minat atau ketertarikan akan sesuatu dan kesadaran memotivasi diri sendiri dalam proses belajar sehingga dapat menimbulkan minat belajar yang optimal. Sebaliknya, jika tingkat kecerdasan emosional rendah, maka berakibat menurunnya minat belajar mahasiswa. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan minat belajar bahasa Arab, dan untuk mengetahui pengaruh serta seberapa besar kontribusi kecerdasan emosional terhadap perubahan minat belajar bahasa Arab. Jenis dalam penelitian ilmiah ini adalah penelitian lapangan, berdasarkan pendekaatan dan metode penelitian yang dibuat, jenis penelitian kuantitatif, menggunakan kuisioner, dokumentasi dalam pengumpulan datanya. Dan menggunakan metode Product moment dengan rumus rxy = (N∑▒〖XY-(∑▒〖X)(∑▒〖Y)〗〗〗)/√({(N∑_X▒〖2-(∑▒X )^2 〗}{N∑_Y▒〖2-(∑▒〖Y)^2 〗〗} ) dengan mengambil sampel 34 mahasiswa Ma’had Umar bin Al-Khattab Putri Sidoarjo. Penulis memaparkan bahwa hasil perhitungan signifikansi dengan menggunakan menggunakan metode Product moment diketahui variabel kecerdasan emosional berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar bahasa Arab di Ma’had Umar bin Al-Khattab Putri Sidoarjo, karena nilai signifikansinya 0,75 %. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa variabel bebas yaitu kecerdasan emosional berpengaruh kuat terhadap variabel tak bebas yaitu minat belajar bahasa Arab yang arahnya positif, artinya bahwa masing- masing indikator dalam variabel bebas mempunyai pengaruh positif yang searah terhadap minat belajar bahasa Arab di Ma’had Umar bin Al-Khattab Putri Sidoarjo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional; Minat Belajar Bahasa Arab |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Arabic Languange Education |
Depositing User: | pba umsida |
Date Deposited: | 01 Sep 2018 04:00 |
Last Modified: | 01 Sep 2018 04:00 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5466 |
Actions (login required)
View Item |