Analisis Kesalahan Penulisan Ta' Marbutoh dan Ha' dalam Maharah Kitabah Kelas 3 Mattayum di Islamic Santitham Foundation School Nakhon Si Thammarat Thailand

Farma, Puji Damayanti (2018) Analisis Kesalahan Penulisan Ta' Marbutoh dan Ha' dalam Maharah Kitabah Kelas 3 Mattayum di Islamic Santitham Foundation School Nakhon Si Thammarat Thailand. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap - 162071900029.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Puji Damayanti Farma, 162071900029, “Analisis Kesalahan Penulisan Ta’ Marbutoh dan Ha’ pada Maharah Kitabah Kelas 3 Mattayum di Islamic Santitham Foundation School Nakhon Si Thammarat Thailand”. Pembimbing: Najih Anwar, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, huruf ta’ marbutoh dan ha’, Maharah Kitabah. Penelitian ini dilakukan karena penulis menjumpai banyak kesalahan-kesalahan dalam penulisan huruf bahasa Arab pada tulisan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab, termasuk kesalahan dalam penulisan ta’ marbutoh dan ha’. Kesalahan penulisan ta’ marbutoh dan ha’ yang dimaksud peneliti yaitu kesalahan penggunaan huruf ta’ dan ha’ dalam penulisan yang masih sering tertukar antara keduanya. Penulis melakukan analisis terhadap kesalahan-kesalahan penulisan ta’ marbutoh dan ha’ yang dilakukan oleh siswa untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan penulisan ta’ marbutoh dan ha’. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dan subyek penelitian adalah kepala sekolah Islamic Santitham Foundation School, guru bahasa Arab kelas 3 Mattayum serta seluruh peserta didik kelas 3 Mattayum. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap guru kelas 3 Mattayum dan sebagian siswa kelas 3 Mattayum, kemudian observasi terhadap kegiatan proses pembelajaran di kelas yang dilakukan peneliti ketika melakukan KKN-PPL di sana. Metode analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode analisis data kualitatif yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran penulisan ta’ marbutoh dan ha’ dalam maharah kitabah kelas 3 Mattayum menggunakan metode imla’ manqul dan imla’ al-istima’, adapun faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan penulisan ta’ marbutoh dan ha’ kelas 3 Mattayum Islamic santitham Foundation School Nakhon Si Thammarat Thailand adalah 1) Siswa tidak memperhatian dengan baik apa yang diucapkan guru ketika mendikte teks, 2) siswa tidak mengetahui kosakata tersebut sebelumnya, 3) suara guru ketika mendikte tidak keras dan jelas, 4) ketidakpahaman siswa terhadap kaidah-kaidah dalam penulisan ta’ merbutoh dan ha’, 5) siswa lupa untuk menuliskan titik di atas huruf ha’ ketika menulis ta’ marbutoh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan; Huruf Ta' marbutoh dan ha'; Maharah Kitabah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Arabic Languange Education
Depositing User: pba umsida
Date Deposited: 31 Aug 2018 07:55
Last Modified: 31 Aug 2018 07:55
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5452

Actions (login required)

View Item View Item