PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 WONOAYU

Adirahayu, Mega Fauziyah (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 WONOAYU. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi lengkap - 148420100013.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang diberikan oleh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada kelas VIII di SMP Negeri 2 Wonoayu. jenis penelitian ini adalah quasy Eksperiment, dengan desain penelitian non-equivalent control group desaign. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan didapatkan 2 kelas yang akan digunakan sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes berupa soal pre-test dan post-test. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan sebagai prasyarat uji hipotesis. Dari hasil uji normalitas dan uji homogenitas didapatkan hasil bahwa data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Dari uji hipotesis didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa. Kata kunci: Inkuiri terbimbing, IPA, Keterampilan proses sains

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Inkuiri terbimbing; IPA; Keterampilan proses sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Science Teaching Education
Depositing User: pipa umsida
Date Deposited: 31 Aug 2018 06:06
Last Modified: 31 Aug 2018 06:06
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5449

Actions (login required)

View Item View Item