ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS 1 MI HAYIM ASY’ARI JAMBANGAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN

Azizah, Intan Nur (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS 1 MI HAYIM ASY’ARI JAMBANGAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL INTAN REVISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (267kB) | Preview

Abstract

Sebagian siswa banyak yang menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit. Karena dengan anggapan tersebut siswa merasa kesulitan apabila mempelajari matematika. Sehingga saat siswa dihadapkan dengan soal-soal matematika, mereka akan mengalami kesulitan dalam memahami maupun menyelesaikan soal matematika tersebut. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan pada siswa tersebut yakni dengan cara analisi kesalahan dari pada materi yang memiliki tingkat kesalahan paling banyak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang diamlami siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan dan menganalisis faktor-faktor penyebabnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I MI Hasyim Asy’ari pada semester genap tahun ajaran 2016-2017 yang terdiri dari 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian yang terdiri dari 2 soal penjumlahan bilangan dan 2 soal pengurangan bilangan. Menurut data yang diperoleh kesalahan yang dilakukan siwa meliputi kesalahan konsep, operasi dan kesalahan prinsip. Faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan yang terjadi pada siswa adalah siswa merasa kebingungan dalam memahami konsep dikarenakan belum memahami materi, siswa tidak bisa menggunakan cara susun dalam menghitung penjumlahan maupun pengurangan, siswa tidak berani bertanya pada guru mengenai materi yang belum paham dan lebih menyukai bertanya pada teman sebangkunya, siswa kurang teliti dan cermat dalam memahami kata demi kata yang terdapat pada teks soal, siswa jarang melakukan latihan soal tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 08 Aug 2017 03:45
Last Modified: 08 Aug 2017 03:45
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/543

Actions (login required)

View Item View Item