Analisis Kesalahan Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Bangil dalam Mengerjakn Soal Materi Pecahan

Amalia, Anita (2017) Analisis Kesalahan Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Bangil dalam Mengerjakn Soal Materi Pecahan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
Anita amalia A-3 revisi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan dan faktor terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan soal pada materi materi operasi bilangan ribuan, bilangan bulat, pecahan, bilangan romawi, dan bangun ruang dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Muhammadiyah Bangil. Untuk Instrumen yang digunakan mengumpulkan data adalah tes. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pola kesalahan yang ditemukan pada materi pecahan,berdasarkan tingkat kesalahan yang paling banyak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan di lakukukan yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan dalam transformasi, kesalahan dalam keterampilan proses, kesalahan pada notasi dan kesalahan kecerobohan atau kurang teliti. Faktor penyebab terjadinya kesalah dalam mengerjakan soal materi pecahan yaitu kurangnya minat siswa untuk belajar matematika dan kurangnya konsep pemahaman siswa, serta kurangnya tingkat ketelitian siswa pada saat mengerjakan soal.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 22 Aug 2017 03:58
Last Modified: 22 Aug 2017 03:58
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/540

Actions (login required)

View Item View Item