PROSES BERIPIKIR KRITIS SISWA SD DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA OPEN ENDED DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

Mas’ulah, Rahayu (2017) PROSES BERIPIKIR KRITIS SISWA SD DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA OPEN ENDED DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
9,99 Rahayu Mas,ulah- revisi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (249kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengamati secara mendalam proses berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam memecahkan masalah matematika open ended berdasarkan perbedaan kemampuan matematika, yaitu kemampuan rendah, kemampuan sedang dan kemampuan tinggi. Pengamatan proses berpikir kritis siswa menganut tahapan berpikir kritis IDEALS yaitu identify, define, enumerate, analyze, list dan self-correct. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 siswa dengan tingkat kemampuan matematika yang berbeda, yakni 1 siswa dengan kemampuan matematika rendah, 1 siswa dengan kemampuan matematika sedang dan 1 siswa dengan kemampuan matematika tinggi. Instrumen dari penelitian ini adalah tes kemampuan matematika, tes berpikir kritis soal matematika open ended, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes berpikir kritis untuk memecahkan masalah matematika open ended serta wawancara proses berpikir kritis. Analisis data yang digunakan adalah analisis dari hasil tes berpikir kritis soal open ended serta analisis data hasil wawancara. Terdapat perbedaan proses berpikir kritis siswa berdasarkan tingkat kemampuan matematika dalam menyelesaikan masalah open ended. Subjek dengan kemampuan matematika rendah melewati tahapan berpikir kritis dengan kurang tepat sehingga hasil dari penyelesaiannya tidak dapat diterima kebenarannya. Subjek dengan kemampuan matematika sedang melewati tahapan berpikir kritis dengan cukup baik, meskipun terdapat beberapa hal yang kurang spesifik pada tahap-tahapnya. Subjek dengan kemampuan matematika tinggi dapat melewati tahapan berpikir kritis dengan baik. Tahap demi tahap dipaparkan dengan jelas dan detail, sehingga kebenaran jawabannya dapat diterima.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 22 Aug 2017 03:02
Last Modified: 22 Aug 2017 03:02
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

View Item View Item