POLA KOMUNIKASI FIELD COLLECTOR DALAM MELAKUKAN PENAGIHAN CUSTOMER OVERDUE PT FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE CABANG SIDOARJO 2

Prasetyo, Dimas (2018) POLA KOMUNIKASI FIELD COLLECTOR DALAM MELAKUKAN PENAGIHAN CUSTOMER OVERDUE PT FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE CABANG SIDOARJO 2. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP-122022000057.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pola komunikasi yang digunakan oleh field collector dalam melakukan penagihan customer overdue pada PT Federal International Finance cabang Sidoarjo-2. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data dan mempelajari pola komunikasi yang diterapkan oleh field collector. Untuk mendukung pengumpulan dan pengolahan data, penetili menggunakan teori Pola Komunikasi Interpersonal (Joseph A. Devito) dan teori pendukung 5 kualitas umum komunikasi interpersonal. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pola keseimbangan diterapkan oleh semua divisi field collector sebagai tahap awal dalam pembentukan hubungan yang lebih penting. Pola ini dengan menyertakan aspek keterbukaan (Openness), empati (Empathy) dan kesetaraan (Equality). Tahap kedua yaitu pola keseimbangan terbalik dilakukan oleh field collector C0 dan C1 ketika mendapati customer yang belum bisa melakukan pembayaran. Field collector memberikan respon positif (Positiveness) berupa tekanan verbal ataupun nonverbal dalam batas kewajaran serta dukungan (Supportiveness) kepada customer overdue dengan pemberian janji bayar ditentukan melalui perjanjian dari keduanya. Pola pemisah Tidak Seimbang dilakukan sebagai tahap terakhir dalam menangani customer overdue yang berbelit-belit. Pola ini lebih diterapkan oleh field collector C2 sampai C5 dalam mengambil keputusan pembayaran customer overdue. Pemberian janji bayar oleh field collector ini merupakan bentuk empati (Empathy) kepada customer agar tidak mengalami risiko penarikan unit kendaraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi; Field Collector; Customer Overdue.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > School of Communication Science
Depositing User: ikom umsida
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:35
Last Modified: 31 Aug 2018 01:35
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5330

Actions (login required)

View Item View Item