ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IV A SDN URANGAGUNG SIDOARJO DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMBULATAN DAN PENAKSIRAN

Rosadi, Nadya (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IV A SDN URANGAGUNG SIDOARJO DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMBULATAN DAN PENAKSIRAN. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
4,40 Nadya Rosadi 2003.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (221kB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran matematika terdapat beberapa siswa kelas IV mengalami kesulitan belajar mengenai pembulatan dan penaksiran. Pembulatan dan penaksiran merupakan salah satu dari sekian banyak materi yang terdapat pada pembelajaran Matematika kelas IV. Pembulatan merupakan cara untuk menyederhanakan bilangan-bilangan yang perlu disederhanakan. Pembulatan dan penaksiran berkaitan erat dengan angka-angka yang cukup rumit. Meskipun dalam materi pembulatan dan penaksiran tidak terdapat rumus yang digunakan untuk menghitungnya, tidak membuat materi pembulatan dan penaksiran ini dapat dipahami sepenuhnya oleh siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar pada materi pembulatan dan penaksiran yang dialami oleh siswa kelas IV A SD Negeri UrangAgung.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif . subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas IV A SDNegeri UrangAgung . Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dokumentasi serta angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar materi pembulatan pada siswa dipengaruhi oleh dua faktor. Faktor yang pertama adalah faktor internal, meliputi minat belajar yang rendah terhadap matematika, dan faktor intelektual berupa kecerdasan siswa. Faktor yang kedua adalah faktor eksternal, meliputi kurangnya perhatian dan motivasi dari orang tua, serta faktor kependidikan yang kurang.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:52
Last Modified: 08 Aug 2017 04:52
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/531

Actions (login required)

View Item View Item