Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SDN Keboan Anom Ditinjau Dari Prestasi Belajar

Rulandari, Richa Ayu (2017) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SDN Keboan Anom Ditinjau Dari Prestasi Belajar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
4,29 Richa Ayu-.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (274kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di SDN Keboan Anom berdasarkan prestasi belajar siswa. Tujuan khusus penelitian ini untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan untuk mengetahui usaha-usaha guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Sedangkan subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas IV di SDN Keboan Anom dan objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis. Untuk memperoleh data-data hasil penelitian, peneliti memilih untuk menggunakan teknik tes, wawancara, dan observasi. Peneliti akan menganalisis data yang ada di dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif. Setelah hasil penelitian ini dikonversikan berdasarkan Kriteria PAP tipe 1 memperoleh hasil bahwa kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV di SDN Keboan Anom dengan rata-rata skor sebesar 68,71% tergolong ke dalam kriteria cukup kritis. Untuk faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis adalah konsentrasi belajar, prestasi belajar, dan yang paling penting siswa dapat memahami konsep dasar matematika. Usaha-Usaha guru adalah menggunakan metode kerja kelompok dan kegiatan pengayaan atau remedial kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 08 Aug 2017 03:28
Last Modified: 08 Aug 2017 03:28
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item View Item