Sari, Yeni Nur Indah (2017) PENERAPAN CTL DENGAN METODE JARIMATIKA UNTUK PENYELESAIAN SOAL PERKALIAN DASAR DI SD NEGERI 1 NGERONG. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
|
Text
3,78 Yeni Nur Indah Sari (152) baru.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (136kB) | Preview |
Abstract
Matematika dikenal menakutkan untuk peserta didik karena kesulitannya, demikian pula pada siswa kelas II di SDN Ngerong 1 mengalami kesulitan saat mengerjakan soal cerita dengan materi perkalian dasar. Oleh karena itu, peneliti mencoba menggunakan metode kontekstual untuk mengatasi kesulitan yang di alami oleh siswa, yakni metode jarimatika. Selain mudah, metode ini tidak membutuhkan banyak peralatan atau model kontekstual yang memanfaatkan benda di sekitar misal salah satu anggota tubuh seperti jarinya sendiri, metode ini di tawarkan peneliti agar siswa mudah mengerjakan soal perkalian dasar. Peneliti menggunakan metode jarimatika untuk mempermudah siswa menghitung perkalian, sehingga secara otomatis dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ditinjau dari banyaknya persentase kesulitan siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode jarimatika, sebagian besar siswa sudah tidak mengalami kesulitan menghitung perkalian.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 10 Oct 2017 05:45 |
Last Modified: | 10 Oct 2017 05:45 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/526 |
Actions (login required)
View Item |