PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTU MEDIA ANIMASI “SAMA TAHTA” TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DI SD MUHAMMADIYAH 1 KRIAN

Agustin, Siska (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTU MEDIA ANIMASI “SAMA TAHTA” TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DI SD MUHAMMADIYAH 1 KRIAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
NEW SISKA AGUSTIN 148620600174.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknyapengaruh strategi pembelajaran interaktif berbantu media animasi “SAMA TAHTA” terhadap pemahaman konsep IPA di SD Muhammadiyah 1 Kriandan mengetahui besar pengaruh strategi pembelajaran interaktif berbantu media animasi “SAMA TAHTA” terhadap pemahaman konsep IPA di SD Muhammadiyah 1 Krian. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif Quasi-Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Desain ini terdapat dua kelompok yaitu kelas Eksperimendan kelas kontrol. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Utsman bin Affan dan V Khalid bin Walid dengan sampel 27 siswa dan 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pemahaman konsep, dimana ada pretest (tes awal) dan postest (tes akhir). Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t dan diperoleh dengan taraf Signifikan 5%, diketahui bahwa thitung = 22,7 lebih besar dari ttabel = 2,056. Dengan demikian, menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dan dengan menggunakan rumus Eta Squared. Hasil perhitungan diperoleh nilai sebesar 0,91. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran interaktif berbantu media animasi “SAMA TAHTA” berpengaruh pada pemahaman konsep IPA di SD Muhammadiyah 1 Krian dan strategi pembelajaran interaktif berbantu media animasi “SAMA TAHTA” berpengaruh besar pada pemahaman konsep IPA di SD Muhammadiyah 1 Krian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran interaktif; media animasi “SAMA TAHTA”; pemahaman konsep IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 30 Aug 2018 01:31
Last Modified: 30 Aug 2018 01:31
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5252

Actions (login required)

View Item View Item