PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X MULTIMEDI DI SMK MUHAMMADIYAH 2 TAMAN SIDOARJO

Mawarni, Inggar Tri Agustin (2018) PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X MULTIMEDI DI SMK MUHAMMADIYAH 2 TAMAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap - 148320700012.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB)

Abstract

Blended learning merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi internet (E-Learning) yang mengkombinasikan dengan tatap muka dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan perbedaan sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian subjek tunggal dengan desain A-B. Penelitian dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Taman dengan subjek kelas X Multimedia. Analisis data menggunakan analisis deskripsi dan analisis statistik Hasil analisis deskripsi memperoleh perbedaan hasil belajar siswa antara fase baseline A dan intervensi B yang nilai rata-rata pada fase baseline A 77.52 dan fase intervensi B 84.79. Diperoleh hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pemrograman dasar meningkat sebesar 7.27. Sedangkan hasil pengujian statistik yang menggunakan hipotesis uji-t dua rata-rata (T Paired) dengan taraf signifikan 5% maka diperoleh data thitung sebesar 7,56 sedangkan ttabel sebesar 2,03. Karena thit (7,56) berada didaerah penolakan H0 maka keputusan yang diambil adalah tolak H0. Sehingga dapat disimpulkan dengan tingkat kepercayaan 95% dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan signifikan terhadap hasil belajar siswa sesudah diterapkannya model pembelajaran blended learning kelas X Multimedia pada mata pelajaran pemrograman dasar. Berdasarkan analisa data terhadap hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran blended learning pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X Multimedia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Blended Learning; Pemrograman Dasar; Uji-T Dua Rata-Rata
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Information and Computer Technology Education
Depositing User: ptik umsida
Date Deposited: 30 Aug 2018 03:11
Last Modified: 30 Aug 2018 03:11
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5229

Actions (login required)

View Item View Item