pengaruh Model Pembelajaran Debat Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SD Negeri Suko

yuliawati, erna (2018) pengaruh Model Pembelajaran Debat Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SD Negeri Suko. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
skripsi lengkap-148620600013.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya peserta didik berpikir secara kritis dalam menjawab suatu pertanyaan dari gurunya pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Karena berpikir secara kritis sangat diperlukan untuk menuju ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi sehingga peserta didik lebih percaya diri dan siap untuk menghadapi tantangan pendidikan yang semakin modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran debat terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Negeri Suko. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain Pre-Experimental Design tipe One Group Pretest Posstest Design. Sampel diambil dengan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam mengukur keterampilan berpikir kritis adalah tes berbentuk uraian yang mengacu pada indikator berpikir kritis. Pada hasil penelitian yang sudah dilakukan terdapat hasil yang positif antara model pembelajaran debat terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji-t, dimana diperoleh thitung sebesar 9,51. Pada taraf signifikansi 5% dengan dk= 25 diperoleh ttabel sebesar 2,059. Dengan demikian diperoleh thitung ≥ ttabel ( 9,51 ≥ 2,06). Sedangkan dari hasil perhitungan menggunakan rumus eta square diperoleh nilai sebesar 0,78 yang memiliki arti “adanya pengaruh besar” dalam penelitian yang dilakukan sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara model pembelajaran debat terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 29 Aug 2018 06:15
Last Modified: 29 Aug 2018 06:16
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5227

Actions (login required)

View Item View Item