PENERAPAN KITAB MASLAKU SHOROF DALAM PEMBELAJARAN SHOROF DI PONDOK PESANTREN KARANGASEM MUHAMMADIYAH PACIRAN LAMONGAN

Fajarwati, Dwi Surya (2018) PENERAPAN KITAB MASLAKU SHOROF DALAM PEMBELAJARAN SHOROF DI PONDOK PESANTREN KARANGASEM MUHAMMADIYAH PACIRAN LAMONGAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP-142071900022.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Shorof merupakan ilmu yang harus dipelajari ketika seseorang ingin belajar bahasa Arab, maka itulah peranan ilmu shorof sangat diperlukan untuk mengurangi kesalahan berbahasa arab. Sehingga banyak kitab shorof untuk membantu mempermudah belajar shorof, diantaranya: kitab Al amtsilah Tasrifiyah, ilmu shorof karangan Abu Razin dan Ummu Razin , kitab tasrif almunawwir krapyak jogja dan juga kitab maslaku shorof yang penulis teliti, dll . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan kitab maslaku shorof dalam pembelajaran shorof, (2) faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan kitab maslaku shorof, (3) solusi dari faktor penghambat dalam penerapan kitab maslaku shorof. Dan Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran Lamongan merupakan lembaga yang melaksanakan pembelajaran Shorof dengan menggunakan kitab maslaku shorof. Peneliti ingin mengetahui penerapan kitab maslaku shorof di pondok ini untuk mendapatkan informasi sejauh mana kitab tersebut digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, metode yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yakni yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, yang mana tahap dalam analisis data yaitu, reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)penerapan kitab maslaku shorof di pondok pesantren karangasem muhammadiyah paciran, mempuyai bebrapa tahapan:pendahuluan,mereview materi,menjelaskan materi,Tanya jawab, mengoreksi tugas,pemberian tugas,berdo’a dan salam penutup(2) faktor pendukung dan penghambat, adapun faktor pendukung diantaranya adalah semangat ustadzah shorof yang tinggi, motivasi para santri, minat para santri dalam mengikuti dan mempelajari shorof, Santri lebih mudah memahami pelajaran shorof ketika diniyah,fasilitas yang memadai. Adapun faktor penghambatnya adalah Kurangnya waktu, waktunya malam hari, Santri rumahan sering datang tidak tepat waktu, Santri rumahan sering tidak masuk.(3) solusi dari faktor penghambat yakni menambah jam atau hari pelajaran, membolehkan santri membawa permen / minum dan berwudhu, memberikan motivasi bagi santri yang sering terlambat, memberikan sanksi kepada santri yang sering tidak masuk agar jera.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Penerapan Kitab; Pembelajaran Shorof
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Arabic Languange Education
Depositing User: pba umsida
Date Deposited: 30 Aug 2018 06:21
Last Modified: 30 Aug 2018 06:21
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5216

Actions (login required)

View Item View Item