Puji Rahayu, Vivin (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANCOOPERATIVE SCRIPT UNTUK PEMBELAJARAN FIQIHSHOLAT FARDHU UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 3 WARU. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Skripsi-142071000001.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
Peneliti melakukan penelitian di SMP Muhammadiyah 3 Waru dengan judul ini karena memang peneliti melihat pada observasi dikelas VII A siswanya sangat heterogen.Dan pada mata peajaran fiqih nilai hasil belajar siswa kelas VII A belum tuntas.Maka dari itupenelitian ini diharapkan bisa membantu siswa untuk mencapai nilai KKM yang sudah ditentukan. Pada penelitian ini saya menggunakan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas(PTK), dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan Observasi, tes tulis, dan tes praktek.Data-data yang sudah ada dikelolah dengan menggunakan teknik analisis data rumus sederhana. Pada tahap observasi awal menunjukkan nilai hasil belajar siswa kelas VII A kurang dari KKM yang ditentukan dan antusias siswa saat pembelajaran berlangsung juga kurang.Maka peneliti menggunakan modelCooperative Script dengan jenis penelitian PTK yang dilakukan oleh peneliti berkolaborasi dengan guru Al-Islam.Pada siklus I menunjukkan nilai observasi hanya 50% dan dilihat dari nilai post test hanya 24%, maka peneliti dan guru kolaborator merencanakan siklus II yang mana disiklus II menunjukkan kenaikan yang sangat bagus yaitu dinilai observasi mencapai 85% dan di nilai post tes mencapai 100%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran cooperative Script; Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education |
Depositing User: | pai umsida |
Date Deposited: | 29 Aug 2018 04:13 |
Last Modified: | 29 Aug 2018 04:13 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5194 |
Actions (login required)
View Item |