ANALISIS MUTU LULUSAN TAHUN 2016 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO

Kurniasari, Laily Wachda (2018) ANALISIS MUTU LULUSAN TAHUN 2016 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP-142071900019.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mutu lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Tahun Lulus 2016. Keberadaan mahasiswa dan lulusan memang merupakan bagian integral dari institusi pendidikan, termasuk Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, saat ini lulusan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dianggap tak kalah saing dengan lulusan Perguruan Tinggi Negeri. Bahkan beberapa dari lulusan telah bekerja sesuai dengan bidang ilmu saat masih kuliah atau sebelum mereka lulus. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini selain untuk mengetahui mutu lulusan berdasarkan aspek kelulusan tepat waktu dan nilai indeks prestasi kumulatif, namun juga untuk mengetahui relevansi pekerjaan lulusan dengan bidang ilmu, apakah lulusan tersebut masih bekerja sebagai tenaga pendidik atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi. Dalam skripsi ini, peneliti menggunakan teknis analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Hubberman. Tahap teknik analisis data yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mutu lulusan berdasarkan aspek kelulusan tepat waktu, nilai indeks prestasi kumulatif, dan relevansi pekerjaan dengan bidang ilmu dinyatakan amat baik. Dari aspek kelulusan tepat waktu didapatkan data 87% lulusan pada tahun 2016 lulus tepat waktu atau 40 lulusan dari total 46 lulusan dinyatakan lulus tepat waktu. Dari aspek nilai indeks prestasi kumulatif dinyatakan amat baik dengan rata-rata nilai indeks prestasi kumulatif lebih dari 3.00. Dari aspek relevansi pekerjaan dengan bidang ilmu dinyatakan amat baik, dengan 24 dari total 46 lulusan telah bekerja sebagai tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Analisis; Mutu Lulusan
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Arabic Languange Education
Depositing User: pba umsida
Date Deposited: 29 Aug 2018 06:08
Last Modified: 29 Aug 2018 06:08
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5186

Actions (login required)

View Item View Item