PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IV DI SDN SIDOKLUMPUK SIDOARJO

Ophelia, Intan Lira (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IV DI SDN SIDOKLUMPUK SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP - INTAN 148620600287.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses sains siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif. Adapun bentuk design yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre - experimental one – group prettest – posttest design. Sampel dari penelitian ini adalah kelas IV sebanyak 30 siswa dari 30 populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes keterampilan proses sains dengan menggunakan prestest dan posttest. Data dan sumber data yang digunakan adalah siswa kelas IV di SD Negeri Sidoklumpuk Sidoarjo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes keterampilan proses sains. Setelah diketahui hasil prettest dan posttest yang telah diujikan kepada siswa untuk mengetahui adanya pengaruh atau tidak maka dilakukan dengan menggunakan analisis data uji N-gain. Dari hasil perhitungan uji N-gaint menghasilkan 0,7 yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan hasil yang diperoleh maka, model pembelajaran inkuiri berpengaruh tinggi terhadap keterampilan proses sains siswa. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh positif terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV di SD Negeri Sidoklumpuk Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri; Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 29 Aug 2018 03:43
Last Modified: 29 Aug 2018 03:43
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5102

Actions (login required)

View Item View Item