Penguatan Karakter Peduli Lingkungan pada Proses Pembelajaran di Sekolah Alam Al-Izzah Krian

Yuanda, Eka Febrilia (2018) Penguatan Karakter Peduli Lingkungan pada Proses Pembelajaran di Sekolah Alam Al-Izzah Krian. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap - 148620600167.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penguatan karakter peduli lingkungan pada proses pembelajaran di Sekolah Alam Al-Izzah, Krian. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah guru kelas II Sekolah Alam Al-Izzah Krian. Sumber data pada penelitian ini terdiri atas sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yaitu data hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas II. Sedangkan sumber data sekunder pada penelitian ini adalah data dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melakukan penguatan karakter peduli lingkungan pada siswa melalui pemeliharaan lingkungan kelas, pembiasaan membuang sampah pada tempatnya, membiasakan siswa untuk tidak mencoret-coret fasilitas sekolah dan melakukan kegiatan rutin membersihkan lingkungan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKRIPSI
Uncontrolled Keywords: Penguatan Karakter; Karakter Peduli Lingkungan; Sekolah Alam
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: fkip 2017
Date Deposited: 28 Aug 2018 09:08
Last Modified: 28 Aug 2018 09:08
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5068

Actions (login required)

View Item View Item