KONSEP DIRI REMAJA TUNANETRA DI SIDOARJO

Nisak, Anni Qonitatun (2018) KONSEP DIRI REMAJA TUNANETRA DI SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap-142030100004.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Remaja dengan tunanetra akan mengalami kesulitan dalam pembentukan konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran konsep diri remaja tunanetra dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri remaja tunanetra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain fenomenologi. Subjek penelitian yaitu 2 pelajar tunanetra dan memiliki keterampilan. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purpose sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkn bahwa gambaran aspek konsep diri dan faktor konsep diri pada remaja tunanetra bervariasi. Terdapat persamaan pada aspek diri identitas, diri perilaku, diri penerimaan atau penilaian, diri fisik, dan diri etik-moral. Terdapat pula perbedaan pada aspek diri pribadi, diri keluarga, dan diri social. Terdapat persamaan pada faktor kepatuhan seks, hubungan keluarga, teman-teman sebaya, kreativitas, dan cita-cita. Terdapat pula perbedaan pada faktor penampilan diri, nama dan julukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Konsep diri; Remaja; Tunanetra.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Psychology > School of Psychologycal Science
Depositing User: Psikologi umsida
Date Deposited: 28 Aug 2018 08:48
Last Modified: 28 Aug 2018 08:49
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5031

Actions (login required)

View Item View Item