Adillah, Nila (2018) ANALISIS KECERDASAN EMOSIONAL PADA KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SD. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
SKRIPSI LENGKAP-148620600155.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (21MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecerdasan emosional pada keterampilan berbicara siswa berdasarkan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Subjek penelitian sebanyak 40 siswa SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo kelas 5B dengan menggunakan metode kualitatif fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang terkategori memiliki kecerdasan emosional tinggi sebanyak 21 siswa, siswa yang terkategori memiliki kecerdasan emosional sedang sebanyak 16 siswa, dan siswa yang terkategori memiliki kecerdasan emosional rendah sebanyak 3 siswa. Persentase kesadaran diri siswa sekitar 80,5% terkategori sangat nampak, 75,5% pengaturan diri terkategori nampak baik, 55,3% motivasi diri dalam kategori cukup nampak, 79,8% sikap empati terkategori nampak baik, dan 76,4 siswa keterampilan sosial dalam kategori nampak baik. Kemampuan kecerdasan emosional berperan penting dalam tumbuh kembang siswa sehingga kehidupan seseorang akan selaras dan nyaman. Melalui ungkapan emosi, seseorang akan mengetahui bagaimana membangun keterampilan berbicara yang baik sebab semakin terampil seseorang berbahasa, maka semakin jelas jalan pikirannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional; Keterampilan Berbicara |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 06:29 |
Last Modified: | 28 Aug 2018 06:29 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5003 |
Actions (login required)
View Item |