IMPLEMENTASIMETODE QIRO’ATI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SIDOARJO

Muyassaroh, Luthfiana (2018) IMPLEMENTASIMETODE QIRO’ATI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
skripsi-142071000014.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Membaca Al-Qur’an ialah suatu kewajiban bagi umat islam dan membaca Al-Qur’an tidak terlepas dari kata metode, sehingga pentingnya pembelajaran Al-Qur’an di sekolah. Metode Qiro’ati dirasa tepat untuk diterapkan di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo karena langsung mempraktekkan pada bacaannya, tajwid maupun makhraj. Implementasi metode Qiro’ati yaitu penerapan pembelajaran Al-Qur’an melalui metode Qiro’ati bertujuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dan kualitas membaca Al-Qur’an juga menjadi tolak ukur dalam membaca Al-Qur’an yang meliputi tajwid, makhraj dan kelancarannya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan subyek dalam penelitian ini adalah guru Al-Islam dan siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan siklus, yakni siklus 1 dan siklus II dan penarikan kesimpulan. Dan dilihat dari hasil pengamatan lembar observasi metode Qiro’ati dapat meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an. Pada lembar observasi siklus 1 memperoleh prosantese 50%. Dan pada hasil pengamatan pada lembar observasi siklus II memperoleh prosantase 61,6% dan pembelajaran Al-Qur’an melalui metode Qiro’ati dapat meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an pada kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo , melalui tahapan siklus-siklus. Pada siklus 1 memperoleh prosentase 69,97% dari 36 siswa dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan memperoleh prosentase 80,24%. Dan pada siklus I siswa yang nilainya memenuhi kriteria berjumlah 7 siswa dan yang belum memenuhi kriteria berjumlah 29 siswa. Dan pada siklus II siswa yang nilainya memenuhi kriteria berjumlah 33 siswa dan yang belum memenuhi kriteria berjumlah 3 siswa. Untuk melaksanakan pembelajaran Al-Qur’an melalui metode Qiro’ati memerlukan persiapan yang benar-benar disiapkan agar guru dapat menentukan materi yang bisa diterapkan pada siswa dengan pembelajaran Al-Qur’an melaui metode Qiro’ati dalam proses kegiatan belajar mengajar agar hasil yang diperoleh maksimal dan dalam hal meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: skripsi
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Qiro’ati; kualitas membaca Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 29 Aug 2018 04:20
Last Modified: 29 Aug 2018 04:20
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4974

Actions (login required)

View Item View Item