PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE QIROATI KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH 14 LAREN LAMONGAN

Mursidah, Nailul (2018) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE QIROATI KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH 14 LAREN LAMONGAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
skripsi-142071000034.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Problematika pembelajaran adalah suatu kendala atau persoalan dalam proses belajar mengajar yang harus dipecahkan agar tercapai tujuan yang maksimal. Adapun setiap problematika atau usaha pasti memiliki solusi. Solusi adalah cara pemecahan atau penyelesaian suatu masalah tanpa adanya tekanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apaa saja kendala atau persoalan dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur’an yang harus dipecahkan dan mencari solusinya agar tercapai tujuan yang diharapkan oleh MTs Muhammadiyah 14 Laren. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Guru BTQ dan juga beberapa peserta didik. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan teknis analisis data Miles and Huberman, yaitu penyajian data, reduksi data kemudian penarikan kesimpuln. Ada tiga problematika dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode qiroati. Pertama Problem berhubungan dengan tingkat perkembangan peserta didik, kedua probelm berhubungan dengan penguasaan dan pengembangan materi, dan yang ketiga probelam berhubungan dengan metode dan pengelolaan kelas.Setiap problem memiliki solusi; pertama dapat ditangani dengan cara memakai metode mengajar yang tepat dan disesuaikan dengan gaya belajar masing-masing peserta didik, kedua dengan mencari bahan bandingan ataupun menambah refrensi buku, dan yang ketiga yang berhubungan dengan pengelolaan kelas dan metode mengajar adalah dengan mengemas materi pelajaran tambahan secara sistematis dan menentukan pengajaran yang berbeda untuk setiap pokok bahasan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: skripsi
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaran membaca Al-Qur’an; Solusi; MTs Muhammadiyah 14 Laren.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 29 Aug 2018 04:31
Last Modified: 29 Aug 2018 04:31
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4949

Actions (login required)

View Item View Item