Penilaian Pembelajaran Aktif pada Mata Pelajaran PKn

Widijanto, Soekardi Arif (2017) Penilaian Pembelajaran Aktif pada Mata Pelajaran PKn. In: Seminar Nasional Pendidikan : Tema "Desain Pembelajaran di Era Asean Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan", 18 March 2017, Sun Hotel, Sidoarjo, East Java, Indonesia.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL Soekardi Arif Widijanto.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (758kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penilaian dalam pembelajaran aktif pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Malang. Penelitian ini meliputi tiga aspek dalam penilaian pembelajaran yang diterapkan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, yakni aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilan. Adapun hasil penelitian pada siklus pertama menunjukkan bahwa 77% siswa pada aspek pengetahuan telah memenuhi KKM, pada aspek sikap menunjukkan hasil hasil 65%, sedangkan aspek keterampilan menunjukkan sebesar 60%. Pada siklus kedua menunjukkan bahwa aspek pengetahuan mengalami peningkatan menjadi 94%, aspek sikap 76%, dan pada untuk aspek keterampilan sebesar 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pada setiap siklus dan pada setiap aspek penilaian pembelajaran aktif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran aktif; Sikap; Pengetahuan; Keterampilan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Early Childhood Teaching Education
Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Faculty of Teaching and Education Science > School of English Languange Education
Faculty of Teaching and Education Science > School of Information and Computer Technology Education
Faculty of Teaching and Education Science > School of Science Teaching Education
Depositing User: fkip 2017
Date Deposited: 31 Jul 2017 07:38
Last Modified: 31 Jul 2017 07:38
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item View Item