PROFIL METAKOGNISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SIDOARJO DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS IPA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF

ZANNAH, MIFTAKHUL (2018) PROFIL METAKOGNISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SIDOARJO DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS IPA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Metakognisi merupakan suatu keterampilan yang berfokus pada kegiatan pemonitoran dan tanggung jawab diri siswa, sehingga siswa mampu mengatur dirinya sendiri dalam merencanakan, memantau dan merefleksi aktifitas belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan profil metakognisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sioarjo dalam menyelesaikan soal IPA berbasis HOTS berdasarkan gaya kognitif. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa dengan gaya kognitif yang berbeda, subjek 1 memiliki gaya kognitif field dependent dan subjek 2 memiliki gaya kognitif field independent. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan data berupa hasil tes HOTS, transkrip wawancara dan hasil observasi. Data tersebut didiskripsikan, dianalisis dan diuji keabsahannya menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah profil metakognisi subjek 1 pada soal C4 mampu menguasai indikator merencanakan ((P-1), (P-2) dan (P-3)), memantau ((M-1), (M-2) dan (M-5) dan refleksi ((R-1), (R-4) dan (R-5)). Pada soal HOTS C5 mampu menguasai indikator merencanakan ((P-1), (P-2) dan (P-5)), memantau ((M-1)dan (M-3) dan refleksi (R-6). Pada soal HOTS C6 mampu menguasai indikator merencanakan (P-1) dan memantau ((M-1), (M-2)). Profil metakognisi subjek 2 pada soal HOTS soal HOTS C4, C5 dan C6 mampu menguasai indikator merencanakan, memantau dan refleksi. Subjek menguasai sub indikator yang sama pada indikator merencanakan ((P-1), (P-2), (P-3), (P-5)) dan indikator refleksi ((R-1) dan (R-3)), sedangkan pada indikator menantau subjek menguasai sub indikator yang berbeda yaitu pada soal C4 ((M-1), (M-2), (M-4) dan (M-8)), pada soal C5 ( (M-2), (M-5) dan (M-8), pada soal C6 ((M-2), (M-4), (M-5) dan (M-8). Kata kunci : metakognisi; soal HOTS; gaya kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: metakognisi; soal HOTS; gaya kognitif
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Science Teaching Education
Depositing User: pipa umsida
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:41
Last Modified: 28 Aug 2018 04:41
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4881

Actions (login required)

View Item View Item