Keefektifan Model Konkret Dan Model Komputer dalam Mengembangkan Pemahaman Konsep Mahasiswa pada Materi Struktur Senyawa Organik (Isomer)

Ratih, Rika Septina (2017) Keefektifan Model Konkret Dan Model Komputer dalam Mengembangkan Pemahaman Konsep Mahasiswa pada Materi Struktur Senyawa Organik (Isomer). In: Seminar Nasional Pendidikan : Tema "Desain Pembelajaran di Era Asean Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan", 18 March 2017, Sun Hotel, Sidoarjo, East Java, Indonesia.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL Rika Septina Ratih.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (689kB) | Preview

Abstract

Kimia organik merupakan salah satu cabang kimia yang banyak melibatkan media pembelajaran. Hampir seluruh materi dalam cakupan kimia organik membutuhkan peranan media dalam proses pembelajarannya. Media pembelajaran yang digunakan diantaranya adalah Molimod, berupa model molekul konkret, dan ChemBio3D, berupa model molekul berbasis komputer. Isomer adalah salah satu pokok bahasan dalam kimia organik yang memerlukan kedua jenis media ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep mahasiswa pada materi keisomeran yang diajarkan dengan model konkret (Molimod) dan model komputer (Chembio3D). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah 61 mahasiswa dari Universitas Islam Negeri Malang. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata mahasiswa yang diajarkan menggunakan model komputer Chembio3D lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang diajarkan dengan model konkret Molimod.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Kimia Organik; Molimod; ChemBio3D; Isomer
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Early Childhood Teaching Education
Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Faculty of Teaching and Education Science > School of English Languange Education
Faculty of Teaching and Education Science > School of Information and Computer Technology Education
Faculty of Teaching and Education Science > School of Science Teaching Education
Depositing User: fkip 2017
Date Deposited: 31 Jul 2017 07:37
Last Modified: 31 Jul 2017 07:37
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/487

Actions (login required)

View Item View Item