Pengaruh Teknik Akrostik Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas V di SDN Karang Puri 1 Wonoayu

Nurfadillah, Nadin (2018) Pengaruh Teknik Akrostik Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas V di SDN Karang Puri 1 Wonoayu. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
skripsi lengkap (148620600147).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik akrostik terhadap hasil belajar dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas V di SDN Karang Puri 1 Wonoayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi yang di jadikan objek penelitian adalah 50 siswa dari kelas VA dan VB di SDN Karang Puri 1 Wonoayu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar tes, dimana lembar tes tersebut tebagi menjadi dua yaitu, pretes dan postes untuk masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji pengaruh Eta squared dengan taraf signifikan 5% . Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh besar teknik akrostik terhadap hasil belajar dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas V di SDN Karang Puri 1 Wonoayu. Dengan perolehan hasil analisis data menunjukkan t_(hitung ) sebesar 4,516 dan t_(tabel )sebesar 1,684. Jika dibandingakan dengan t_(hitung )dengan t_(tabel )sebesar 4,516 > 1,684. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik akrostik terhadap hasil belajar dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas V di SDN Karang Puri 1 Wonoayu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Teknik akrostik; Hasil Belajar Menulis Puisi
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 28 Aug 2018 07:11
Last Modified: 28 Aug 2018 07:11
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4769

Actions (login required)

View Item View Item