Deviana, Avinda Riza (2018) PENGARUH PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL)TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAKCERITA SISWA KELAS V C SD MUHAMMADIYAH 2 SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Skripsi Lengkap Riza Avinda D. WATERMAK- 148620600288.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) terhadap keterampilan menyimak cerita siswa kelas V C SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan bentuk pre-eksperimental design jenis one group pretest-posttest. Populasi yang dijadikan objek penelitian adalah siswa kelas V C SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel jenuh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V C SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo yang berjumlah 30 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes keterampilan menyimak cerita yaitu Pretest dan Posttest. Data dianalisis menggunakan N-Gain. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) berpengaruh terhadap keterampilan menyimak cerita siswa kelas V C SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan N-Gain diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 0,6 atau 60% pada kriteria sedang. Sehingga menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) terhadap keterampilan menyimak cerita siswa kelas V C SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo sebesar 0,6 atau 60%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual); Keterampilan Menyimak Cerita ; Bahasa Indonesia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 08:49 |
Last Modified: | 27 Aug 2018 08:49 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4716 |
Actions (login required)
View Item |