PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS II SDN KRIAN 1

Primasari, Diah (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS II SDN KRIAN 1. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP-148620600193.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanpengaruh pembelajaran yang menggunakan media benda konkret terhadap kemampuan berhitung siswa kelas II SDN Krian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian menggunakan Pre Experiment tipe One Group Pretest Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkanterdapat pengaruh baik terhadap kemampuan berhitung siswadan diperoleh hasil t hitung =7,34 dibandingkan dengan t tabel = 2,04 dengan taraf signifikan sebesar 5%. t hitung lebih besar dari t tabel ( 7,34 > 2,04) menunjukkan ada pengaruhbesar penggunaan media benda konkret terhadap kemampuan berhitung siswa kelas II SDN Krian 1. Dibuktikan dari hasil perhitungan data menggunakan rumus Eta Squared diperoleh nilai 0,65 > 0,14 . Dapat disimpulkan ada pengaruh baik media benda konkret dengan kemampuan berhitung siswa kelas II SDN Krian dan ada pengaruh yang besar antara media benda konkret dengan kemampuan berhitung siswa kelas II SDN Krian 1.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: media benda konkret; kemampuan berhitung, sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 28 Aug 2018 02:21
Last Modified: 28 Aug 2018 02:21
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4622

Actions (login required)

View Item View Item