PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI KELAS VII D SMP MUHAMMADIYAH 3 WARU

Ningrum, Evi Pristya (2018) PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI KELAS VII D SMP MUHAMMADIYAH 3 WARU. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap-142071000043.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas VII D SMP Muhammadiyah 3 Waru masih cenderung menggunakan metode ceramah dan ternyata terlihat masih banyak siswa yang memiliki nilai rendah atau belum mencapai nilai KKM.Inilah yang melatarbelakangi penelitian ini dilaksanakan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah:1) Bagaimana penerapan mind mapping dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VII D SMP Muhammadiyah 3 Waru?, 2) Apakah penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII D SMP Muhammadiyah 3 Waru?. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan 3 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D dengan jumlah peserta didik sebanyak 28 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Dan untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan metode mind mapping dapat peningkatan hasil belajar siswa, dengan nilai rata-rata pada siklus I = 73,67 dengan persentase 50%, kemudian pada hasil post test siklus II nilai rata-rata hasil belajar = 82.53 dengan persentase 71%, dan setelah post test siklus III nilai rata-rata hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa mencapai 89.18 dengan persentase 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:38
Last Modified: 31 Aug 2018 01:38
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4569

Actions (login required)

View Item View Item