PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN KELAS II SDN SIMOGIRANG I SIDOARJO

Abidin, nurlaila (2018) PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN KELAS II SDN SIMOGIRANG I SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
skripsi lengkap-148620600204.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode jarimatika terhadap hasil belajar siswa materi perkalian kelas II SDN Simogirang I Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Simogirang I Sidoarjo tahun pelajaran 2017-2018 yang terdiri dari 23 siswa. Sampel diambil dengan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis sampling jenuh karena seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah pretest-posttest. Data dianalisis menggunakan statistik parametrik dengan uji-t untuk mengetahui peningkatan siswa setelah diberi perlakuan. Ini dibuktikan dari hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa t_hitung 16.76 > t_tabel 2.02, maka Ha diterima Ho ditolak, sehingga ada pengaruh signifikan metode jarimatika terhadap hasil belajar berhitung siswa.. Besarnya pengaruh pada penelitian ini dapat dilihat pada perhitungan Eta Squared yang hasilnya menunjukkan 0.92. mengacu pada kriteria interpretasi, penelitian ini dapat dikatakan memiliki pengaruh besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Jarimatika; Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 27 Aug 2018 07:12
Last Modified: 27 Aug 2018 07:12
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4539

Actions (login required)

View Item View Item