Pengaruh Penggunaan Media Permainan Multiplication Card Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas II di SDN Anggaswangi 2 Sidoarjo

Rulandari, Richa Ayu (2018) Pengaruh Penggunaan Media Permainan Multiplication Card Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas II di SDN Anggaswangi 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap - 148620600157.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Kemampuan dasar matematika sangatlah penting untuk siswa SD. Salah satunya adalah kemampuan melakukan operasi hitung perkalian. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa SD tentang operasi hitung perkalian masih sangat rendah. Hal ini terjadi karena guru masih cenderung menerapkan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode konvensional yang sangat monoton dan guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik saat menjelaskan materi perkalian membuat rata-rata siswa menjadi cepat bosan saat pembelajaran matematika. Hal itulah yang menyebabkan kebanyakan siswa menjadi cenderung kurang menyukai matematika, sehingga hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan rancangan penelitiannya menggunakan Pre-Eksperimental Designs model One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II di SDN Anggaswangi 2 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2017-2018 sebanyak 32 siswa. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik Sampling Jenuh. Data dalam penelitian ini adalah nilai pretest dan posttest. Data akan dianalisis dengan uji Paired Samples T Test dan Eta Squared melalui program SPSS 20 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media permainan multiplication card terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa kelas II di SDN Anggaswangi 2 Sidoarjo. Hal ini terbukti dari hasil uji Paired Samples T Test yang menunjukkan bahwa hasil t_hitung -12,407 dan t_tabel -2,040 karena -t_hitung ˂ 〖-t〗_tabel maka H_o ditolak dan H_a diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Permainan; Multiplication Card; Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 27 Aug 2018 03:31
Last Modified: 27 Aug 2018 03:31
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4537

Actions (login required)

View Item View Item