Prijadji, Prijadji and Wasino, Wasino and Djono, Djono (2017) Penerapan Investigasi Kelompok dengan Media Visualisasi Sejarah Kontroversial untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri. In: Seminar Nasional Pendidikan : Tema "Desain Pembelajaran di Era Asean Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan", 18 March 2017, Sun Hotel, Sidoarjo, East Java, Indonesia.
|
Text
ARTIKEL Prijadji.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan investigasi kelompok dengan media visualisasi sejarah kontroversial meliputi persiapan pembelajaran sejarah, peningkatan keterbukaan diri, dan peningkatan prestasi belajar sejarah siswa Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 2 Magelang. Metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan 3 siklus tindakan. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, test, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: perencanaan penerapan investigasi kelompok dengan media visualisasi sejarah kontroversial sesuai dengan rencana. Peningkatan keterbukaan diri siswa dengan presentase angket 71,43% pada siklus I, menjadi 80,95% pada siklus II, dan meningkat 90,48% pada siklus III. Peningkatan prestasi belajar sejarah 83,58% pada siklus I, menjadi 88,22% pada siklus II, dan meningkat 90,43% pada siklus III. Dengan demikian penerapan investigasi kelompok dengan media sejarah kontroversial terdapat keterbukaan diri siswa dan peningkatan prestasi pada siswa XII IPS 2 SMA 2 Magelang.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Investigasi Kelompok; Media Visualisasi Sejarah Kontroverisal; Keterbukaan Diri. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Early Childhood Teaching Education Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education Faculty of Teaching and Education Science > School of English Languange Education Faculty of Teaching and Education Science > School of Information and Computer Technology Education Faculty of Teaching and Education Science > School of Science Teaching Education |
Depositing User: | fkip 2017 |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 07:34 |
Last Modified: | 31 Jul 2017 07:34 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/450 |
Actions (login required)
View Item |