Hadi, Muhamad Hari Purnomo (2017) Memahami Ancaman Negara Non-Militer dan Strategi Menghadapinya Melalui Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran PPKn Di Sekolah. In: Seminar Nasional Pendidikan : Tema "Desain Pembelajaran di Era Asean Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan", 18 March 2017, Sun Hotel, Sidoarjo, East Java, Indonesia.
|
Text
ARTIKEL Muhamad Hari Purnomo Hadi.pdf Download (693kB) | Preview |
Abstract
Bangsa / Negara adalah kesatuan dari manusia-manusia beserta karakternya. Kekuatan karakter sebuah bangsa sangat diperlukan ketika harus berhadapan dengan ancaman terhadap Negara tersebut. Dewasa ini muncul fenomena yang menunjukkan lunturnya karakter bangsa Indonesia sebagai akibat dari serangan – serangan non militer yang membahayakan kedaulatan, kepribadian, keutuhan dan keselamatan bangsa . Untuk mengatasi hal ini, diperlukan sebuah Pendidikan, sebagai upaya yang sadar dan terencana dengan lebih menekankan pengembangan karakter luhur bangsa. Pendidikan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia siswa secara utuh, terpadu, dan seimbang, sesuai standar kompetensi lulusan. Di sekolah, mata pelajaran PPKn memiliki peran strategis karena materi yang diajarkan sangat berkaitan dengan norma atau nilai-nilai yang bisa ditanamkan, dikembangkan, dieksplisitkan dan dikaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari. Diperlukan strategi yang harus dipahami dan dilaksanakan oleh Guru dalam memaksimalkan peran tersebut
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ancaman Non-Militer; Pendidikan Karakter; Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Early Childhood Teaching Education Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education Faculty of Teaching and Education Science > School of English Languange Education Faculty of Teaching and Education Science > School of Information and Computer Technology Education Faculty of Teaching and Education Science > School of Science Teaching Education |
Depositing User: | fkip 2017 |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 07:34 |
Last Modified: | 31 Jul 2017 07:34 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/446 |
Actions (login required)
View Item |