pengaruh metode tutor sebaya terhadap kepercayaan diri siswa di SDN Kedung Ringin II Beji-Pasuruan

diani, fitriyah (2018) pengaruh metode tutor sebaya terhadap kepercayaan diri siswa di SDN Kedung Ringin II Beji-Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
148620600133.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan adanya permasalahan yang terjadi di SDN Kedung Ringin II. Melalui observasi yang sudah dilakukan di SDN Kedung Ringin II bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam proses belajarnya. Akibatnya 60% siswa ketika proses belajar berlangsung hanya bersifat monoton dan ketika guru menjelaskan materi dan menyuruh siswa untuk maju kedepan banyak yang malu, dan takut salah. Berkaitan dengan masalah tersebut, maka peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk memperbaiki kepercayaan dirinya siswa pada mata pelajaran IPS di SDN Kedung Ringin II dengan menggunakan metode tutor sebaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan Pre-Experimental design dengan bentuk desain Control Group Design. Dalam penelitian in menggunakan satu kelas yang berjumlah 28 siswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa thitung>ttabel yaitu 2,924>2,048, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sedangkan hasil uji besarnya pengaruh dengan menggunakan eta squared diperoleh hasil 0,24. Artinya ada pengaruh besar sebesar 0,24 antara metode tutor sebaya terhadap kepercayaan diri siswa di SDN kedung Ringin II Beji-Pasuruan. Kata kunci :Metode Tutor Sebaya, Kepercayaan Diri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: skripsi
Uncontrolled Keywords: metode; tutor; sebaya; kepercayaan; diri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 24 Aug 2018 03:38
Last Modified: 24 Aug 2018 06:19
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4385

Actions (login required)

View Item View Item