Penggunaan Metode Karya Wisata Dalam Pembelajaran Maharah Kitabah Siswa Kelas 2 Matayum Di Sekolah Al Islamiyyah Wittaya Mulniti School Di Pattani Thailan Selatan

Nurhayati, Eka (2018) Penggunaan Metode Karya Wisata Dalam Pembelajaran Maharah Kitabah Siswa Kelas 2 Matayum Di Sekolah Al Islamiyyah Wittaya Mulniti School Di Pattani Thailan Selatan. Undergraduate thesis, Uiversitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap - 162071900004.Pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penggunaan metode karya wisata dalam pembelajaran maharah kitabah siswa kelas 2 matayum di sekolah al islamiyyah wittaya mulniti School Pattani, Thailand Selatan. Dalam pembelajaran maharah kitabah guru masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa merasa bosan dan akhirnya mereka tidak mendengarkan apa yang disampaikan guru. Dan karena itu peneliti menggunakan metode karya wisata dalam pembelajaran maharah kitabah. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini diperoleh dengan teknik observasi berperan serta, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan temuan bahwa Penggunaan Metode Karya Wisata Dalam Pembelajaran Maharah Kitabah Siswa Kelas 2 Matayum Di Sekolah Al Islamiyyah Wittaya Mulniti School Di Pattani Thailan Selatan ialah sebagai berikut: 1) Pembelajaran kitabah di sekolah Al Islamiyyah Wittaya Mulniti School menggunakan metode ceramah. Dan dalam pembelajaran kitabah tidak diajarkan kosakata bahasa arab sehingga siswa mengalami kesusahan saat menulis. 2) Penggunaan metode karya wisata telah berhasil di terapkan di Al Islamiyyah Wittaya Mulniti School. Penggunaan metode karyawisata diterapkan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (a).Persiapan, (b).Perencanaan, (c). Pelaksanaan, (d). dan pembuatan laporan. Dan respon belajar siswa menunjukan bahwa siswa merespon dengan menunjukan keantusiasannya dalam mengikuti pembelajaran serta mematuhi tata tertib yang telah ditetapakan dan mengerjakan tugas-tugas sesuai dengan petunjuk dan materi yang di sampaikan guru. 3) faktor pendukung penggunaan metode karya wisata dalam pembelajaran kitabah yakni, a. adanya dukungan serta izin sepenuhnya dari guru mata pelajaran kitabah dan juga kepala sekolah di al islamiyyah wittaya mulniti school, b. lingkungan sekolah yang mendukung untuk digunakannya metode karya wisata, c. waktu yang cukup untuk melakukan karya wisata, d. ketersediaan dana dan prasarana. Dan peneliti tidak menemukan faktor penghambat selama penggunaan metode ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Karya Wisata; Pembelajaran Maharah Kitabah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Arabic Languange Education
Depositing User: pba umsida
Date Deposited: 21 Aug 2018 01:12
Last Modified: 21 Aug 2018 01:12
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4351

Actions (login required)

View Item View Item