Sukoco Wahyu, Jeri (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI YURISPRUDENSI TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD PADA PEMBELAJARAN IPS. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
148620600028.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (22MB) |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan melalui observasi yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN Jiken, terdapat beberapa perilaku siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah. Bentuk perilaku tersebut diantaranya yakni siswa mempunyai cara bicara yang kurang baik, menjahili teman sekelas, tidak memperhatikan guru saat pembelajaran berlangsung, berbicara sendiri saat belajar, saling melakukan permusuhan antar teman, dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS dalam kategori kurang. Melihat permasalahan tersebut, maka peneliti melakukan suatu penelitian untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Yurisprudensi Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, desain penelitian One Grup Pretest Posttest Design. Berdasarkan analisis data uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Yurisprudensi Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran IPS. Hal itu dapat dilihat dari analisis data thitung > ttabel, hasil thitung = 3,212 sedangkan ttabel = 2,179. Berdasarkan analisis data tersebut, maka dapat kita dilihat bahwa adanya pengaruh model pembelajaran tersebut terhadap keterampilan sosial siswa. Terbukti berdasarkan hasil perhitungan data yang dilakukan dengan menggunakan rumus Eta-squared bahwa hasil menunjukkan nilai sebesar 0,442. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Inkuiri Yurisprudensi berpengaruh sedang terhadap keterampilan sosial siswa kelas IV SD Pada Pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri Yurisprudensi; Keterampilan Sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 24 Aug 2018 08:11 |
Last Modified: | 24 Aug 2018 08:11 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4334 |
Actions (login required)
View Item |