PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN ATAS AKUNTANSI DASAR MAHASISWA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI PEMODERASI (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Akuntansi Angkatan 2014 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)

Ningsih, Nur Ayu Setia (2018) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN ATAS AKUNTANSI DASAR MAHASISWA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI PEMODERASI (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Akuntansi Angkatan 2014 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi lengkap - 142010300200.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap pemahaman atas akuntansi dasar dengan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi. Pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Fakultas Ekonomi dan Bisnis program studi Akuntansi angkatan 2014. Alat analisis yang digunakan adalah melakukan tabulasi terhadap kuesioner, pengumpulan data yang berupa uji validitas dan uji reliabilitas. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan perilaku belajar terhadap pemahaman atas akuntansi dasar dengan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi. Untuk menguji hipotesis ini digunakan alat analisis data SmartPLS. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan Uji Validitas menunjukkan bahwa semua pernyataan pada kuesioner dinyatakan valid. Untuk menguji Uji Reliablitas dari semua variabel diperoleh nilai composite reliability atau nilai cronbach’s alpha dinyatakan reliabel. Dan untuk uji hipotesis berdasarkan R-Square dan T-Statistics menunjukkan tidak semua hipotesis diterima. Hasil hipotesis tersebut menyatakan bahwa kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap pemahaman atas akuntansi dasar. Sedangkan perilaku belajar tidak berpengaruh terhadap pemahaman atas akuntansi dasar. Namun kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan perilaku belajar yang dimoderasi oleh kepercayaan diri tidak berpengaruh terhadap pemahaman atas akuntansi dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: "Skripsi"
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan intelektual; kecerdasan emosional; perilaku belajar; pemahaman atas akuntansi dasar; kepercayaan diri
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics and Business > School of Accountancy
Depositing User: akuntansi umsida
Date Deposited: 15 Aug 2018 06:34
Last Modified: 15 Aug 2018 06:34
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4258

Actions (login required)

View Item View Item