KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS III DI SDN NGAMPELSARI

Adla, Nurul Ifa (2018) KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS III DI SDN NGAMPELSARI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi lengkap-148620600010.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pada diri manusia ada dorongan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain. Ada kebutuhan sosial untuk hidup berkelompok dengan orang lain. Manusia memiliki kebutuhan untuk mencari kawan atau teman. Kebutuhan untuk berteman dengan orang lain. Oleh karena itu, manusia tidak bisa lepas dari bantuan orang lain dikarenakan ada dorongan untuk melakukan interaksi. Bentuk melakukan interaksi sosial dapat dilakukan dimanapun salah satunya adalah di lingkungan sekolah salah satunya di tingkat Sekolah Dasar (SD). Guru bertanggung jawab menciptakan suasana sosial di kelas dan mengajarkan sebagai model keterampilan sosial. Berdasarkan fakta yang ditemukan peneliti di lokasi, terdapat variasi siswa yang mulai dari karakter, latar belakang, perilaku siswa, tempat tinggal yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran keterampilan sosial siswa kelas III di SDN Ngampelsari. Subjek penelitian siswa berjumlah 30. Jenis penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yang memiliki tujuan untuk menggambarkan, meringkas berbagai kondisi, situasi, dan menjelaskan keadaan yang sebenarnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa keterampilan sosial siswa terdapat indikator diantaranya: keterampilan dalam bekerjasama terlihat komponen pada siswa yaitu dengan siswa mampu bekerjasama dalam kelompok kecil, pada indikator menyesuaikan diri terlihat komponen pada siswa yaitu bersedia ditempatkan dalam kelompok yang berbeda, indikator berinteraksi terlihat pada siswa berkomunikasi dengan baik(bertanya maupun bercakap-cakap), indikator menghargai orang lain terlihat siswa menghargai kemampuan yang dimiliki temannya, indikator mengontrol diri terlihat siswa cepat bosan dalam melakukan suatu kegiatan, pada indikator empati terlihat siswa senang jika melihat teman yang berprestasi, dan pada indikator menaati aturan terlihat siswa siswa kelas III mampu menyelesaikan tugas belajar secara berurutan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Kata kunci= Keterampilan; Sosial; Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 15 Aug 2018 03:29
Last Modified: 15 Aug 2018 03:29
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4246

Actions (login required)

View Item View Item