Feri Tirtoni,M.Pd (2018) Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. 000100892.
Image
HAKI Buku Terpadu di SD lengkap.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (7MB) |
Abstract
Deskripsi Buku yang berjudul “Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar” Adapun penulis dari buku ini adalah seorang dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yaitu Feri Tirtoni, M.Pd. , beliau adalah dosen aktif yang mengajar di jurusan S1 PGSD FKIP umsida. Buku pembelajaran terpadu di sekolah dasar Ini adalah sebuah buku ajar yang disusun berdasarkan sebuah dasar kurikulum yang ada pada S1 PGSD . Buku ini berisi tentang Bagaimana sebuah paradigma pelajaran terpadu itu hadir dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah dasar hingga perkembangannya Sampai dengan saat ini. di dalam buku ini mencoba untuk menguraikan beberapa model pembelajaran terpadu yang dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar. di dalam buku ini juga dijelaskan mengenai bagaimana proses merancang sebuah pembelajaran terpadu sekolah dasar. di dalam buku ini juga dijelaskan hubungan antara Kurikulum-13 dengan paradigma pembelajaran terpadu dimana nantinya mahasiswa dapat melakukan sebuah perbandingan serta mengetahui letak dari kajian pembelajaran terpadu yang Includ di dalam sebuah kurikulum yang telah berjalan pada saat ini. Mahasiswa juga mendapatkan sebuah pemahaman yang utuh mengenai Bagaimana cara melakukan evaluasi atau assessment pada pembelajaran terpadu yang memiliki perbedaan dengan assessment lainnya. Pembelajaran terpadu di SD adalah salah satu dari banyak system pembelajaran yang mampu menjawab segala persoalan yang muncul dewasa ini, khusus nya permasalahan mengenai bagaimana strategi yang tepat dalam menyampaikan materi menggunakan sebuah pembelajaran terpadu, dimana pembelajaran terpadu akan mampu memberikan pengalaman belajar yang multidimensi dalam ranah pemahaman yang utuh oleh peserta didik nantinya. Oleh karena itulah penulis, menyusun buku yang berjudul “Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar” ini dengan suatu harapan besar nanti nya para Guru SD maupun calon guru yang akan mengajar di sekolah nantinya, untuk dapat membaca sekaligus memahami secara holistik mengenai bagaimana cara melaksanakan pembelajaran terpadu secara teori dan praktik secara maksimal agar hasil pembelajaran pada siswa dapat bermakna dan mengandung pengalaman belajar kongkret melalui pendekatan saintifik sejalan dengan K-13 (Kurikulum 2013) . Didalam buku ini nantinya pembaca akan dapat memahami secara sistematis nantinya sehingga dapat mengetahui dengan lebih mendalam mengenai tujuan pembelajaran terpadu di SD serta hasil pembelajaran yang tidak hanya pada aspek kognitif atau pengetahuan saja melainkan juga hasil belajar pada aspek Psikomotorik dan afektif (perubahan sikap) melalui suatu strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif serta pembentukan karakter siswa melalui Habituasi (pembiasaan-pembiasaan) melalui kegiatan dan program sekolah sehingga pembangunan jiwa siswa yang sesuai dengan kepribadian bangsa akan dapat direncanakan dan diupayakan dengan lebih maksimal.
Item Type: | Patent |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | Feri Tirtoni |
Date Deposited: | 04 Jul 2018 07:24 |
Last Modified: | 04 Jul 2018 07:24 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3405 |
Actions (login required)
View Item |