UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD PADA SISWA SD

Tirtoni, Feri (2015) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD PADA SISWA SD. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : Tema “Peningkatan Kualitas Peserta didik Melalui Implementasi Pembelajaran Abad 21” Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. 24 Oktober 2015 ISBN 978-602-70216-1-7, 24 Oktober 2015, Sidoarjo.

[img] Text
PDF SEMINAR NASIONAL FKIP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Selama ini proses pembelajaran bidang studi pendidikan kewarganegaraan (PKN) berpusat pada guru sehingga mengakibatkan suasana proses pembelajaran membosankan dan siswa menjadi pasif. Untuk menjadikan siswa menjadi aktif, kreatif dengan suasana pembelajaran nyaman dan menyenangkan maka perlu diterapkannya metode yang tepat. Metode tersebut adalah Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division) Gagasan utama dibalik model STAD adalah untuk memotivasi para siswa untuk mendorong dan membantu satu sama lain untuk menguasai keterampilan-keterampilan yang disajikan oleh guru Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (action research), adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas Va SDN 1 Taman Sidoarjo melalui penerapan metode STAD. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Taman Sidoarjo pada siswa kelas V A, pemilihan kelas diambil berdasarkan kondisi kemampuan siswa yang cukup heterogen. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Metode pembelajaran kooperatif model STAD memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestsi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (68,42%), siklus II (81,58%), siklus III (94,74%). Metode pembelajaran kooperatif model STAD dapat menjadikan siswa merasa dirinya mendapat perhatian dan kesempatan untuk menyampaikan pendapat, gagasan, ide, dan pertanyaan. Penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas Va SDN 1 Taman Sidoarjo. Kata kunci : STAD (Student Teams Achievement Division), Prestasi Belajar PKn

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: Feri Tirtoni
Date Deposited: 03 Jul 2018 08:32
Last Modified: 03 Jul 2018 08:32
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3399

Actions (login required)

View Item View Item