Profesionalisme Guru SPS dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Tanggulangin

Aulina, Choirun Nisak Profesionalisme Guru SPS dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Tanggulangin. In: Seminar Nasional Penguatan Kemitraan, Satuan Pendidikan PAUD, Keluarga, dan Masyarakat menuju Profesionalitas, 5 Mei 2017, Universitas Negeri Surabaya.

[img] Text
Prosiding Profesionalisme_cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (911kB)
[img] Text
Prosiding Profesionalisme_Identitas.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
Prosiding Profesionalisme_Daftar Isi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
Prosiding Profesionalisme_isi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai tingkat profesionalisme guru SPS dalam peningkatan mutu pendidikan anak usia dini dan apasaja penghambat tingkat profesionalisme guru SPS dalam peningkatan mutu pendidikan anak usia dini. Penelitian ini dilakukan di Satuan PAUD Sejenis di kecamatan Tanggulangin-Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Analisis data menggunakan model Milles dan Hubberman. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran yang berkualitas tentunya di hasilkan oleh guru-guru yang berkualitas pula. Untuk menjadikan guru berkualitas maka tentulah syarat-syarat guru harus di penuhi yakni guru harus memiliki kompetensi pedagogi, social, profesional. Namun diketahui 1.Kualitikasi akademik bunda-bunda PAUD 80% masih SMA/Sederajat, 2. Bunda-bunda PAUD masih sangat minim pemahamannya terkait konsep pembelajaran anak usia dini 3. Perlu pelatihan, pembinaan dan pendampingan bagi bunda PAUD dalam penyusunan perangkat pembelajaran. Ada tiga factor penghambat profesionalisme guru Satuan PAUD Sejenis dalam peningkatan mutu pendidikan anak usia dini yakni tingkat pendidikan,minimnya pembinaan bagi guru, dan kepribadian dan dedikasi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: profesionalisme guru, mutu pendidikan, Satuan PAUD Sejenis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Early Childhood Teaching Education
Depositing User: Fika Megawati
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:42
Last Modified: 30 Jun 2018 02:06
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3348

Actions (login required)

View Item View Item