Amir, Mohammad Faizal (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. In: Seminar Nasional Pendidikan : Tema “Peningkatan Kualitas Peserta didik Melalui Implementasi Pembelajaran Abad 21”, 24 Oktober 2015, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
|
Text
5 Pak Faizal.pdf Download (891kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh dan tingkat pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen, desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest desains, subjek penelitian adalah siswa Sekolah Dasar kelas IV SDN Penatarsewu, teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan analisis data menggunakan uji t dan rumus eta squared. Hasil pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh thitung > ttabel yakni 15,961 > 1,753. Hal ini menunjukkan ada pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SD. Sementara itu hasil rumus eta-squared diperoleh 0,944. Hal ini menunjukkan pembelajaran kontekstual memiliki tingkat pengaruh besar terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SD.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Science Teaching Education |
Depositing User: | Fika Megawati |
Date Deposited: | 17 May 2017 02:22 |
Last Modified: | 17 May 2017 02:22 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/330 |
Actions (login required)
View Item |