IMPLEMENTASI METODE AMONG UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR SISWA KELAS V

Burhanudin, Faisal IMPLEMENTASI METODE AMONG UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR SISWA KELAS V. PTK B2 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Faisal Ali Burhanudin.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (321kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter rasa cinta tanah air siswa kelas V di UPT SD NEGERI Seduri II dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam proses pembelajaran dikelas. Prosedur penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada rancangan Dave Ebbutt yang memiliki empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Seduri II dan objek penelitian ini yaitu meningkatkan karakter rasa cinta tanah air dalam pembelajaran sehari-hari. Pengumpulan datanya didapat dari tahap pengamatan secara langsung dan wawancara dengan guru kelas. Konsep pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara dengan menerapkan “Sistem Among”yaitu cara pendidikan yang dipakai dalam Tamansiswa, mengemong (anak) berarti memberi kebebasan anak bergerak menurut kemauannya, tetapi pamong/guru akan bertindak, kalau perlu dengan paksaan apabila keinginan anak membahayakan keselamatannya. Salah hasil dari penerapan metode among yaitu dengan bimbingan seni tari yang bertujuan untuk mengenal dan melestarikan kebudayaan tradisional Indonesia dengan tari tradisional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode Among, Karakter Cinta Tanah Air
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 18 May 2018 07:53
Last Modified: 22 May 2018 07:53
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3287

Actions (login required)

View Item View Item