PENERAPAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS IV SDN KIDUL DALEM 1 BANGIL

Romadhona, Diana PENERAPAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS IV SDN KIDUL DALEM 1 BANGIL. PTK 2018 B2 PGSD FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO.

[img] Text
pdf neww.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (419kB)

Abstract

Didalam mata pelajaran IPS guru dituntut untuk terampil dalam menyampaiakan materi. Kebanyakan guru mengajar mata pelajaran IPS selalu menggunakan metode ceramah saja yang membuat siswa pasif, suka ramai sendiri dan nilai mata pelajarannya menjadi menurun. Seorang guru yang hebat dapat menciptakan suasana kelas yang aktif dan menyenangkan bagi para siswanya, terutama pada mata pelajaran IPS. Keterampilan tersebut bisa dilihat dari guru menyampaikan sebuah materi yang didukung dengan model pembelajaran yang menyenangkan. Akan tetapi jika hanya menggandalkan model saja tentunya akan bersifat umum. Sehingga model pembelajaran bisa di kombinasikan dengan sebuah media. Media tersebut bisa berupa media cetak dan non cetak, agar lebih menarik dan mudah dalam penyampaian materinya. Salah satu model pembelajaran yang dapat dikombinasikan dengan media yakni model CTL yang berbantuan media animasi. Model pembelajaran CTL dalam bahasa Inggris yaitu Contextual Teaching and Learning, yang merupakan suatu model pembelajaran yang mana pada saat mengajar, guru mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata siswa atau mengaitkan pengalaman belajar yang dimiliki oleh siswanya dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan media animasi yakni media yang berupa non cetak yang berbentuk audio visual yang isinya memuat materi pelajaran yang akan disampaiakan pada siswa. Perlakuan tindakan tersebut dilakukan sebanyak dua siklus yakni siklus pertama pada penilaian hasil belajar pertama dan siklus ke dua pada penilaian hasil belajar yang kedua. Siklus tersebut diberikan pada peserta didik yang akan kita teliti yakni di kelas IV SDN Kidul Dalem 1 Bangil dapat disimpulkan bahwa penerapan model CTL berbantuan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: belajar IPS, model CTL, media animasi audio-visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 21 Feb 2019 06:48
Last Modified: 21 Feb 2019 06:48
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3280

Actions (login required)

View Item View Item