PENERAPAN MEDIA ULAR TANGGA 3D UNTUK MENINGKATKAN ATENSI BELAJAR KELAS 4 SD/MI JENGGOT KREMBUNG

Rosidi, Wahyu (2018) PENERAPAN MEDIA ULAR TANGGA 3D UNTUK MENINGKATKAN ATENSI BELAJAR KELAS 4 SD/MI JENGGOT KREMBUNG. PTK B2 PGSD FKIP Univesitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
M.Wahyu R_.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (114kB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa masih banyak siswa kelas 4 (empat) SD/MI jenggot memiliki motivasi belajar yang masih rendah. Pada dasarnya siswa sangat antusias mengikuti pembelajaran namun terdapat banyak siswa yang tidak memiliki antusias dalam pembelajaran yang mereka tidak suka seperti mata pelajaran Matematika.Terdapat banyak siswamelakukan tindakan yang kurang baik seperti mengobrol dengan teman sebangku,bermain sendiri, dan tidak memperhatikan guru disaat kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung. Berdasarkan permasalahan tersebut penulismenggunakan media ular tangga 3D dalam pembelajaran Matematika siswa kelas 4 (empat) SD/MI jenggotyang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas 4 SD/MI Jenggot. Selain itu penggunaan ular tangga 3D bertujuan untuk memotivasi belajar siswa agar lebih lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran matematika.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas(PTK) dengan jumlah siswa 25 orang berdasarkan perhitungan skor rata-rata aktivitas fisik siklus I sebesar 66,6%, siklus II 95,8% dari hasil tersebut bisa diketahui adanya peningkatan aktivitas fisik sebesar 29,2%. Pada aktivitas mental siklus I33,3%, siklus II 70,8% berarti ada peningkatan aktivitas mental sebesar 37,5%. Pada aktivitas emosional siklus I 45,8%, siklus II 83,3% berarti ada peningkatan aktivitas mental sebesar 37,5%. Hal ini berartipembelajaran matematika menggunakan alat peraga konkrit dapat meningkatkan aktivitas belajar di SD/MI jenggot krembung sidoarjo

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: media ular tangga 3D, atensi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 12:05
Last Modified: 09 May 2018 13:10
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3244

Actions (login required)

View Item View Item