PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN INKUIRI PADA SISWA KELAS 4 SD

yanti, maulidiyah firda (2018) PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN INKUIRI PADA SISWA KELAS 4 SD. PTK 2018 B2 universitas muhammadiyah sidoarjo.

[img] Text
Maulidiyah firda yanti _158620600236.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (175kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan minat dalam pembelajaran berbicara, yaitu kecepatan siswa dalam mengolah bicara dengan bahasa yang baik, runtut, dan benar melalui metode pembelajaran inkuiri pada siswa sekolah dasar. Subjek yang terdapat dalam penelitian kali ini adalah siswa kelas IV yang jumlahnya terdapat 14 anak, anak laki-laki 7 dan anak perempuan 7. Dan yang menjadi peran utama dalam penelitian adalah pembelajaran dalam berbicara khususnya bercerita. Peningkatan motivasi pembelajaran inkuiri tersebut ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mulai aktif dan berani mengungkapkan pendapat mereka, dan mereka mampu bekerjasama dalam mendiskusikan hasil berceritanya. Peningkatan ini ditandai dengan meningkatnya. Beberapa langkah-langkah efektif yang dilakukan oleh peneliti untuk meperoleh metode pembelajaran inkuiri ini, diantaranya : (1) guru memberi siswa suatu masalah yang dimana harus di pecahkan oleh murid tersebut (tahap orientasi , (2) siswa harus mencoba merumuskan suatu permasalahan untuk diberikan kepada guru, (3) murid di minta melakukan uji hipotesis dari setiap permasalahan yang didapati (merumuskan masalah), (4) siswa mulai di minta mengumpulkan hasil data yang ada kaitannya dengan permasalahan yang diberikan oleh guru (mengumpulkan data, di tahap kali ini murid akan lebih mampu mengembangkan cara berfikirnya karena murid diminta lebih untuk berfikir analisis dan kritis, (5) murid menyesuaikan data antara yang diperolehnya dengan cara melakukan uji hipotesis terlebih dahulu dan sudah dirumuskan oleh mereka (menguji hipotesis), (6) sesudah menguji hipotesis dengan hasil data yang diperolehnya, murid akan menarik suatu kesimpulan dan harus mempertanggung jawabkannya sesuai hasil yang diamati (diperoleh) oleh mereka.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kemampuan berbicara, peningkatan motivasi pembelajaran,siswa disekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 12:10
Last Modified: 09 May 2018 12:03
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3239

Actions (login required)

View Item View Item