PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KONENTRASI BELAJAR SISWA KELAS 5 MI MIFTAKHUL ULUM

Hidayati, Suli (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KONENTRASI BELAJAR SISWA KELAS 5 MI MIFTAKHUL ULUM. PTK 2018 B2 PGSD FKIP Universitas.

[img] Text
suli hidayati_ 158620600171.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (246kB)

Abstract

Abstrak Tidak semua siswa bisa melakukan konsesntrasi dalam belajar. Hal ini berdasarkan dari hasil penelitian wawancara dengan guru wali kelas yang mengatakan bahwa siswa tidak dapat berkonsesntrasi saat pembelajaran berlangsung. Siswa sering berbincang-bincang dengan temannya. Problem Solving merupakan metode pembelajaran berbasis masalah untuk membantu konsesntrasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsntrasi belajar siswa kelas V MI Miftakhul Ulum Warugunung . Subjek dalam penelitian ini adalah 38 siswa kelas V yang terdiri 18 perempuan 20 laki-laki dan guru kelas. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dengan wawancara dan obsevasi. Penelitian ini menggunakan penelitian menurut Kemmis & Mc Taggrt. Siklus pertama menggunakan metode problem solving dan media gambar sedangkan pada siklus ke dua menggunakan metode problem solving dan media video. Pada siklus pertama Dari 38 siswa hanya 19 anak mengalami konsentrasi belajar dan 19 anak lainnya belum bisa berkonsentrasi. Pada siklus ke 2 siswa mengalami kenikan pada tingkat konsesntrasi siswa. Dari 38 siswa 33 siswa dapat berkonsesntrasi dan 5 siswa belum bisa berkonsestrasi dalam belajar. Kata Kunci : media, problem solving, konsentrasi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: media, problem solving, konsentrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 09 May 2018 11:57
Last Modified: 09 May 2018 11:57
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3236

Actions (login required)

View Item View Item