Meningkatkan Motivasi dan Hasil belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching PadaSiswa Kelas IV SDN Sidoklumpuk Kabupaten Sidoarjo

Firman, Mochammad (2018) Meningkatkan Motivasi dan Hasil belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching PadaSiswa Kelas IV SDN Sidoklumpuk Kabupaten Sidoarjo. PTK 2018 B1 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
M.FIRMAN 158620600132.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (124kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA materi energi panas dan bunyi beserta sifatnya di SDN Sidoklumpuk. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Sidoklumpuk sebanyak 27 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang berisi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur hasil belajar IPA, panduan observasi dan skala motivasi untuk mengukur motivasi belajar IPA. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA saat kondisi awal termasuk dalam kategori sedang dan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada siklus I motivasi belajar IPA peserta didik termasuk dalam kategori tinggi dan setelah dilakukan perbaikan pada setiap indikator yang diselipkan pada setiap langkah tandur (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi dan Rayakan) motivasi belajar IPA peserta didik pada siklus ini termasuk kategori sangat tinggi. Serta hasil belajar IPA kondisi awal termasuk dalam kategori sedang yaitu setelah diberikan tindakan pada siklus I hasil belajar IPA peserta didik meningkat dengan kategori baik. Perbaikan oleh guru dilakukan pada tahap Alami, Namai, dan Ulangi sehingga hasil belajar IPA peserta didik termasuk kategori baik sekali.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Hasil Belajar IPA, Quantum Teaching
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 07 May 2018 12:17
Last Modified: 09 May 2018 11:47
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3225

Actions (login required)

View Item View Item