Rahmania, Dhiya Ayu PENERAPAN METODE INKURI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS III DI SD NEGERI BETRO. PTK 2018 B2 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
dhiya ayu rahmania158620600029.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (399kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas III dalam kegiatan belajar didalam kelas . jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model John Elliott dalam model ini memilki siklus dengan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa Sd negeri betro sedangkan objek dari penelitian ini adalah meningkatkan kepercayaan diri siswa pada kegiatan belajar. Instrumen ini menggunakan pengumpulan data hasil dari pengamatan dan wawancara. Hasil penelitiannya menunjukan penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dapat meningkat keaktifan siswa dalam berfikir ilmiah dan logis. Peningkatannya didasarkan pada hasil tindakan, keaktifan siswa pada siklus 1 75% dan pada siklus ke II meningkat 80% . keaktifan siswa dalam berfikir ilmiah meningkat kembali menjadi 80% pada siklus 2 pertemuan pertama. Hal ini menunjukan bahwa metode pembelajaran inkuiri memilki pengaruh besar dalam kegiatan belajar didalam kelas.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan kepercayaan diri. Metode inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 04 May 2018 11:01 |
Last Modified: | 09 May 2018 12:33 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3212 |
Actions (login required)
View Item |